Kajian dalam buku ini pada dasarnya adalah kajian sejarah pendidikan
dalam kurun perkembangan peradaban dan pemikiran Islam. Oleh karena
itu, kajian dibagi dalam dua bagian besar Perkembangan Pemikiran Islam
(al-hadharah al-ғ kriyah) dan Perkembangan Peradaban Islam (al-hadharah
al-ԑumraniyah). Perkembangan Pemikiran Islam akan mengelaborasi
perkembangan pemikiran pada periode klasik (650-1250), pertengahan
(1250-1800) dan modern (1800-sekarang), yang di dalamnya penuh
dengan dinamika, baik pemikiran dalam bidang teologi, tasawuf, ғ lsafat
dan politik. Untuk membedah pemikiran dapat ditempuh dua pendekatan,
yakni pendekatan tokoh dan pendekatan tematik. Pendekatan tokoh yaitu
mendeskripsikan pemikiran tersebut dibangun dengan melihat sosio-historis
dan faktor-faktor yang mempengaruhi, namun tidak ada diskursus yang
perlu dipertajam. Pendekatan tematik adalah mengedepankan tema-tema
penting tentang teologi, tasawuf, ғ lsafat dan politik, yang didalamnya terdapat
diskursus antara tokoh-tokoh dalam bidangnya masing-masing. Diskursus ini
dapat membuka wawasan dan berpikir inklusif.